Minggu, 17 Oktober 2021

Lepas Sambut Kegiatan Merdeka Belajar : Magang dan Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri

  • 03 September 2021
Magang dan Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri

Berita dari Universitas Trisakti:

*Lepas Sambut Kegiatan Merdeka Belajar : Magang dan Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri.*

Universitas Trisakti melaksanakan acara Lepas Sambut Kegiatan Merdeka Belajar: Magang dan Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri. Acara ini diselenggarakan secara daring pada 2 September 2021.

Acara dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa Perguruan tinggi lain yang akan berkuliah di Usakti dan melepas mahasiswa Usakti yang akan mengikuti magang di industri dan mengikuti perkuliahan di PT lain. Kedua program tersebut merupakan bagian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM) yang dicanangkan oleh pemerintah. Usakti sendiri telah mengimplementasikan kebijakan MBKM sejak semester Gasal tahun akademik 2020-2021 yang lalu. 

Dalam program pertukaran mahasiswa ini, sebanyak 17 orang mahasiswa Usakti dikirimkan ke beberapa universitas yang ada di luar Jawa. Sementara itu Universitas Trisakti menerima 39 mahasiswa dari 14 perguruan tinggi di luar Jawa untuk belajar di Usakti dan 155 mahasiswa dari 54 PT mengikuti mata kuliah unggulan Universitas Trisakti melalui Spada Dikti.

Sementara itu, Mahasiswa Usakti yang mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat pada semester gasal 2021/2022 ialah sebanyak 63 mahasiswa yang terdiri dari 48 mahasiswa peserta magang dan 15 mahasiswa peserta studi independen. Para peserta nantinya akan mengikuti magang dan studi independen di mitra yang bekerjasama dengan Kemendikbudristek RI.

Rektor Usakti, Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi DEA, pada kesempatan ini menyampaikan bahwa adanya Program MBKM ini dapat membentuk suatu kekuatan bersama untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan dapat memperkenalkan lebih dini mengenal calon lapangan kerja di masa depan. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 3, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., di dalam sambutannya. “Program ini merupakan upaya pemerintah menjembatani mahasiswa yang bertalenta dengan mitra dan industri.” Diharapkan adanya pertukaran mahasiswa, magang dan studi independen ini dapat memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk mendapat pengalaman yang semakin luas. 

  • Sumber: HUMAS UNIVERSITAS TRISAKTI
  • Penulis: CDC USAKTI