Minggu, 19 September 2021

Pendaftran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

  • 09 Juni 2021
Pendaftran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Pembangunan sumber daya manusia juga menjadi rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 – 2024, dengan menata dan memaksimalkan bonus demografi yang menjadi kunci tercapainya bangsa maju dan berkeadilan sosial, salah satunya dengan kebijakan transformasi Pendidikan Tinggi melalui program Kampus Merdeka.

Program Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan talentanya sehingga siap untuk menjadi profesional di suatu bidang dan memberikan hak kepada setiap mahasiswa untuk berkegiatan dan belajar selama 1 semester di program studi lain dan 2 semester di luar perguruan tinggi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Dalam implementasi IKU No. 2 terdapat Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan program untuk mengembangkan kemampuan hard-skill maupun soft-skill sehingga mahasiswa siap menghadapi revolusi industri 4.0.

Kegiatan magang dan study independen bersertifikat yang diinisiasi oleh kemendikbud ristek akan dibuka pendaftaran untuk mahasiswa semester 5 ke atas yang terdaftar pada Pangkalan Data Dikti untuk mengikuti program tersebut selama 6 bulan. Program magang dan studi independen (MSIB) melibatkan lebih dari 106 perusahaan yang merekrut lebih dari 25.000 mahasiswa perguruan tinggi se Indonesia dan pendanaannya dibiayai oleh pemerintah (uang saku mahasiswa selama mengikuti MSIB).

Mengingat waktu yang terbatas diharapkan mahasiswa melakukan pendaftaran mulai 8 juni - 31 juli 2021 di portal dikti kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

  • Sumber: CDC USAKTI
  • Penulis: CDC USAKTI