Seminar Tracer Study dan Peranan Pusat Karir untuk Perkembangan Perguruan Tinggi

  • 16 Agustus 2019
Pusat Pengembangan Karier Universitas Multimedia Nusantara (Career Development Center/ CDC UMN) mengadakan Seminar Tracer Study dan Peranan Pusat Kari

Memenuhi undangan Seminar dari Universitas Multimedia Nusantara pada tanggal 5 Juli 2019. Untuk menghadiri acara pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019 pukul 08.30 s.d selesai di Universitas Multimedia Nusantara Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang Banten. Dengan agenda Seminar Tracer Study dan Peranan Pusat Karir Untuk Perkembangan Perguruan Tinggi. 

Acara tersebut dihadiri oleh 86 Universitas dan beberapa institusi seperti Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kabinet Kerja Direktorat Keahasiswaan Kemenristekdikti ibu Tiomega Gultom, Kepala Pusat Karir Universitas Widyatama dan Koordinator Pusat Karir wilayah Jawa Barat Bapak Pipin Sukandi, dan Kepala Pusat Karir UMN (Universitas Multimedia Nusantara).

Rangkaian acara tersebut adalah pemberian kata sambutan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Universitas Multimedia Nusantara ibu Ika Yanuarti, S.E.,M.S.F., CSA dan Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Keb.Kerja Direktorat Keahasiswaan Kemenristekdikti ibu Tiomega Gultom  kemudian dilanjutkan dengan Seminar yang dipandu oleh Kasi Pengembangan Karir Direktorat Kemahasiswaan Kemenristekdikti ibu Eva Haslinda dan pemberian materi tentang pentingnya peranan Pusat Karir dan Tracer Study untuk Universitas yang diberikan oleh Kepala Pusat Karir Universitas Widyatama dan Koordinator Pusat Karir Wilayah Jawa Barat Bapak Pipin Sukandi.

Pada acara ini Perguruan Tinggi dihimbau untuk membentuk dan memfasilitasi Divisi Pusat Karir sebagai bentuk syarat penilaian terhadap akreditasi dari masing-masing Perguruan Tinggi yang diberikan oleh Kemenristekdikti serta pemberian kiat-kiat dan solusi dalam melakukan pembentukan dan pelaksanaan Tracer Study untuk masing-masing Perguruan Tinggi.

Program ini sangat positif karena program pusat karir bertujuan untuk menjembatani Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan diharapkan pusat karir bisa menjadi profit center apabila dapat dikelola dengan baik. Selain itu tracer study memiliki tantangan untuk mengajak alumni berperan penting bagi almamaternya.

  • Sumber:
  • Penulis: CDC USAKTI