Rapat Kerja Komite Pasar Kerja Bersama KEMENAKER RI

  • 18 November 2022

Dalam rangka menyusun strategi pembangunan career development center dengan sistem informasi pasar, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengadakan acara Rapat Kerja Komite Pasar Kerja bersama Forum Komunikasi Perguruan Tinggi untuk Ketenagakerjaan. Sistem pendidikan nasional dan sistem ketenagakerjaan nasional harus menciptakan link & match antara Lembaga Ilmiah/Universitas dengan Industri. Pendidikan harus berorientasi pada pengembangan kemampuan lulusan untuk siap bekerja dan mampu menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan potensi yang terdapat di sekitarnya. Pendidikan perlu mengubah orientasi lulusan dari worker society ke employee society untuk menjadikan entrepreneur society.

Pada acara Rapat Kerja Komite Pasar Kerja dihadiri lansung oleh Prof. Anwar Sanusi, Ph.D selaku Sekjen Kemenaker RI dan sekaligus membuka acara ini. Pusat Karir Universitas Trisakti mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ini yang dihadiri oleh Bapak Richy Wijaya. W, S.E.,, M.M., C.R.A., C.R.P serta perwakilan Kepala Lembaga Pengembangan Mahasiswa/ Career Development Center dari berbagai Universitas ternama seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari berturut - turut pada hari Kamis - Sabtu, 17 s.d 19 November 2022 di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta dengan agenda Rapat Kerja Komite Pasar Kerja Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Bidang Ketenagakerjaan.

Pada kegiatan ini membahas mengenai penyampaian pandangan dari perwakilan Universitas tentang pasar kerja indonesia, diskusi rapat kerja komite pasar kerja oleh pusat pasar kerja kemudian merumuskan rencana dan aksi. Selain itu terdapat penyampaian materi yang dipresentasikan oleh Ibu Dr. Nora Karika Setyaningrum, S.E.,M.Si selaku Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri. Beliau menyampaikan bahwa terdapat dasar hukum bursa kerja khusus yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan pelayanan antar kerja di sekolah, pendidikan tinggi dan di lembaga pelatihan dalam dunia kerja.

Kemudian pada pemaparan lain membahas mengenai isu - isu strategis analisis pasar kerja di Indonesia seperti penyiapan perumusan kebijakan di pasar bidang analisis pasar kerja, analisis pasar kerja pada destinasi pariwisata super prioritas, analisis pasar kerja pada kawasan industri indonesia, pemetaan data tenaga kerja hasil pelatihan berbasis kompetensi serta analisis pasar kerja pada IKN Nusantara. Harapan dengan adanya Rapat Kerja Komite Pasar Kerja ini diharapkan adanya sinergi antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan pihak lembaga ilmiah/Universitas dan pihak industri yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk membangun sumber daya manusia yang berkompeten pada setiap lini industri sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

  • Sumber : Career Center Universitas Trisakti (SB)
  • Penulis : CDC USAKTI