Sosialisasi Tracer Study Pada Acara Pembekalan dan Pelepasan Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Usakti

  • 27 September 2022

Tracer Study adalah studi penelusuran jejak lulusan/alumni yang dilakukan pada tahun kedua (tambah 1 tahun internsip untuk program profesi dokter/dokter gigi) setelah mahasiswa lulus. Dalam rangka mensosialisasikan Tracer Study kepada rekan-rekan lulusan pada acara “Pembekalan dan Pelepasan Lulusan Program Sarjana dan Magister Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan”, Pusat Karir Universitas Trisakti diberikan kesempatan untuk memberikan pembekalan untuk para lulusan agar dapat bekerjasama untuk mensukseskan Tracer Study 2023 dengan cara mengisi kuesioner yang dikirim oleh Tim Pusat Karir nantinya.


Sosialisasi Tracer Study ini dipaparkan langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Karir Universitas Trisakti Bapak Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A .,C.R.P yang menjelaskan bahwa UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti memiliki fungsi dan tujuan mengembangkan layanan khusus bagi dunia kerja dalam memperoleh informasi kompetensi setiap program studi dan menyelenggarakan rekrutmen calon pencari kerja sesuai kompetensi yang diperlukan dan melakukan kolaborasi dengan Alumni pada lingkup pengembangan karir calon lulusan untuk mendapatkan informasi lulusan /alumni. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti beserta jajarannya dan Pimpinan Progam Studi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta para lulusan semester genap 2021/2022.


Tracer study menjadi salah satu fungsi dan tujuan UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti yaitu untuk Mendukung program penyusunan dan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan masukan dari alumni dan pengguna lulusan (tracer study). Kegiatan Tracer study menjadi hal penting bukan hanya untuk mengumpulkan informasi dari lulusan / alumni tetapi juga sangat berguna untuk perbaikan kurikulum, meningkatkan fasilitas dan juga tracer study ini menjadi syarat yang dibutuhkan untuk proses akreditasi universitas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 26 September 2022 secara luring di Auditorium Lt. 9 Gedung C FTSP Usakt yang dibagi menjadi 2 sesi. Melalui sosialisasi Tracer Study ini diharapkan rekan-rekan lulusan dapat berkerjasama untuk dapat mendaftar / membuat akun di tracerstudy.trisakti.ac.id dan selanjutnya dapat melengkapi kuesioner yang telah disyaratkan oleh Dikti dengan tepat dan lengkap, guna membantu mengembangkan program Pendidikan di jenjang universitas.

  • Sumber : Pusat Karir Universitas Trisakti (SB)
  • Penulis : CDC USAKTI