Penutupan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I 2022 & Pembukaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II 2022 di Pertamina

  • 23 September 2022
Penutupan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I 2022 & Pembukaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II 2022 di Pertam

Acara kali ini merupakan Penutupan untuk mahasiswa PMMB Batch I 2022 dan sekaligus menyambut mahasiswa yang akan bergabung di Pertamina sebagai peserta PMMB Batch II 2022 dengan memaparkan laporan pelaksanaan PMMB Batch Batch I 2022 & Batch II 2022 yang dilaksanakan melalui daring/online melalui platform Microsoft Teams pada tanggal 22 September 2022.

Acara Penutupan PMMB Batch I 2022 & Pembukaan PMMB Batch II 2022 kali ini dihadiri oleh:

  • Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Bapak Sofyan Rohidi
  • Bapak/ibu Rektor serta manajemen Universitas dan Perguruan Tinggi atau yang mewakili
  • Senior Vice President Human Capital Management PT Pertamina (Persero), Bapak Lelin Eprianto
  • Vice President Pertamina Corporate University PT Pertamina (Persero), Ibu Renny Andayani Dasuki.
  • Dan segenap Vice President serta tim manajemen di lingkungan Holding, Sub Holding maupun anak perusahaan Pertamina.
  • Peserta PMMB Pertamina Batch I/2022 dan Batch II/2022.  

Laporan pelaksanaan PMMB Batch Batch I 2022 & Batch II 2022 yang dipaparkan oleh Ibu Renny Andayani Dasuki menjelaskan bahwa PMMB merupakan program terobosan link and match antara dunia Pendidikan dan dunia industry yang digagas oleh kementrian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN serta mendukung kesiapan mahasiswa menjawab kebutuhan industri dan usaha.

Pelaksanaan PMMB di Pertamina telah memasuki tahun ke-4 dari tahun 2019 s.d. 2022. PMMB Batch II/2022 adalah PMMB ke-8 di Pertamina Grup. PMMB Batch I/2022 telah selesai dilaksanakan pada 16 September 2022 dan akan segera berlangsung PMMB Batch II/2022 mulai 22 September 2022 s.d. 21 Maret 2023 (Durasi 6 Bulan).

Sejak 2019 tercatat 1.520 mahasiswa yang menjadi peserta magang di Pertamina melalui jalur PMMB. Untuk peserta PMMB Batch Batch I 2022 terdapat total 376 mahasiswa dan peserta PMMB Batch II 2022 terdapat total 235 mahasiswa yang berasal dari 65 yang terbagi dari 22 Perguruan Tinggi Negeri dan 43 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Penerimaan Program Studi terbanyak dari:

  1. Akuntansi
  2. Teknik Industri
  3. Manajemen
  4. Teknik Perminyakan
  5. Desain Grafis
  6. Teknik Informatika
  7. Ilmu Hukum
  8. Teknik Geologi
  9. Teknik Sipil
  10. Sistem Informasi

Bapak Sofyan Rohidi (Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI)) menyambut dengan mengucapkan selamat bagi peserta PMMB Batch Batch I 2022 yang telah menyelesaikan program magang selama 6 bulan ini dan ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dikemudian hari dan sukses dalam menata karir kedepan, dan selamat datang bagi peserta PMMB Batch Batch II 2022.

Bapak Lelin Eprianto (Senior Vice President Human Capital Management PT Pertamina (Persero)) menambahkan terdapat beberapa poin untuk menjadi leaders di Pertamina Intergrated dengan teknologi dan adaptif.

Harapannya dari program ini Pertamina dapat menemukan rekan-rekan mahasiswa yang dapat membantu dan mendukung kegiatan operasional perusahaan dan juga memberikan kesempatan kepada rekan-rekan mahasiswa untuk dapat mempraktekan ilmu pengetahuan dan teori yang didapatkan selama masa perkuliahan serta dapat menambah pengalaman magang di Pertamina.

Arya Saputra R. salah satu peserta PMMB Batch I 2022 di Pertamina memberikan kesan dan pesan selama magang PMMB di Pertamina. Pengalaman magang ini walaupun  challenging karena membuat kita belajar mengelola waktu dengan baik untuk membagi waktu magang dan kuliah tetapi pengalaman magang di pertamina ini sangat berkesan bagi saya karena selama magang ini seluruh potensi dalam diri dapat tergali karena dalam kegiatan magang ini diberi kesempatan untuk mempelajari bidang baru diluar program studi yang di ambil di universitas dan juga saya ingin mngucapkan terimakasih kepada mentor saya yang telah membimbing saya selama PMMB Batch I 2022, dan saya berharap untuk teman-teman peserta PMMB Batch II 2022 untuk dapat memanfaatkan program magang ini sebaik mungkin.

  • Sumber : Pusat karir Universitas Trisakti (NA)
  • Penulis : CDC USAKTI