Pisah Sambut Program Magang Bersertifikat 2022 - Universitas Trisakti

  • 22 September 2022
Pisah Sambut Program Magang Bersertifikat 2022 - Universitas Trisakti

Dalam rangka pelepasan mahasiswa yang telah menyelesaikan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 2 dan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 sekaligus menyambut mahasiswa Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 3 dan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 2 yang akan menjalani masa belajar di masing-masing mitra industri. Pusat Karir Universitas Trisakti menyelenggarakan acara penyambutan dan pelepasan mahasiswa Program Magang Kampus Merdeka dengan tema “Pisah Sambut Program Magang Bersertifikat 2022” secara daring pada tanggal 21 September 2022 pukul 16.00 - 17.00 WIB.

Pisah Sambut Program Magang Bersertifikat 2022 dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Trisakti yaitu Bapak Heru Pringgodani Sanusi, SH, MH, Kepala UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti yaitu Bapak Richy Wijaya W., SE., MM., C.R.A., C.R.P beserta jajarannya, dan juga para mahasiswa peserta program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 dan 3 serta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat Batch 1 dan 2 di Tahun 2022.

Wakil Rektor III yaitu Bapak Heru Pringgodani Sanusi, SH, MH, menyampaikan sebagaimana disampaikan oleh menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, Nadiem Makarim dalam acara sosialisasi program MSIB Batch 3 yang diselenggarakan secara daring pada hari Selasa 31 Mei 2022, Beliau mengungkapkan bahwa program MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa Karena Mitra industri yang menjadi rekanan untuk program MSIB adalah merupakan perusahaan atau organisasi kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya sehingga diharapkan mahasiswa akan mendapatkan bimbingan atau mentoring dari para ahli yang berpengalaman. Saya berharap dengan keikutsertaan para mahasiswa Universitas Trisakti dalam program ini kemampuan lulusan dari Universitas Trisakti dapat semakin meningkat sehingga pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi Universitas Trisakti atau yang biasa disebut IKU ada 2 yaitu IKU satu yaitu bahwasanya Universitas harus meningkatkan lulusan untuk mendapat pekerjaan yang layak dan juga IKU dua yaitu Universitas harus meningkatkan agar mahasiswa mendapat pengalaman belajar diluar kampus dan dikemudian hari dapat terus-menerus kita tingkatkan.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti yaitu Richy Wijaya W., SE., MM., C.R.A., C.R.P  yang menyampaikan pada acara Pisah Sambut Program Magang Bersertifikat 2022 ini mengalami peningkatan tidak hanya terkait dengan jumlah mahasiswanya saja tetapi terkait dengan mitranya juga mengalami peningkatan yang cukup luar biasa penyebarannya pada saat MSIB Batch 2 penyebarannya ada di 53 Mitra dan 84 siswa terdiri dari 68 untuk kegiatan magang dan 16 nya ada untuk kegiatan Studi Independen dan untuk program studinya juga mengalami peningkatan 1 program studi yang tadinya hanya 13 program studi yang terlibat sekarang sudah ada 14 program studi yang terlibat dalam proses atau kegiatan MSIB ini.

Program Magang Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Dikti pada Batch 2 terdapat peserta sebanyak 65 peserta dan untuk Batch 3 terdapat 84 peserta jadi ini kabar yang sangat menggembirakan karena jumlah peserta mahasiswa Universitas Trisakti di dalam kegiatan MBKM yaitu MSIB itu terus meningkat Kemudian untuk PMMB Batch 1 Tahun 2022 ada 66 peserta Batch 2 Tahun 2022 sebanyak 36 peserta.

Dalam pelaksanaan kegiatan magang dimohon mahasiswa untuk memperhatikan terkait komitmen, jika terdapat kendala dalam pelaksanaan magang di lapangan mohon juga akan disampaikan kepada dosen pendamping atau dosen pembimbingnya dari setiap program studi seperti yang disampaikan oleh Bapak Heru Pringgodani Sanusi, SH, MH. Kami dari UPT Pusat Karir Universitas Trisakti memiliki tanggung jawab untuk terus melakukan pendampingan untuk kegiatan magang sehingga teman-teman mahasiswa terutama untuk hal yang berkaitan dengan administrasi.

Terdapat testimoni Pelaksanaan Magang MSIB Batch 1 dan PMMB Batch 1 Tahun 2022, yaitu:

  • Agmic Octisya dari Prodi Arsitektur  Universitas Trisakti, peserta magang  MSIB Batch 1 di PT. Telkom dan kini dipercaya menjadi mentor Program MSIB di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
  • Suci Indah Melati dari Prodi Akuntansi Perpajakan Universitas Trisakti, Pelaksanaan PMMB Batch 1 Tahun 2022 di PT. PEGADAIAN

Kami harapkan rekan-rekan semuanya baik di MSIB dan PMMB yang saat ini sedang melanjutkan atau melangsungkan proses magangnya untuk tetap bisa membawa nama diri dan nama institusi Universitas Trisakti tetap baik dan bahkan lebih harum lagi buktikan bahwa mahasiswa Trisakti pun punya nilai jual atau kompetensi yang diatas rata-rata.

  • Sumber : Pusat karir Universitas Trisakti (NA)
  • Penulis : CDC USAKTI