Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan simulasi Computer Assited Test (CAT)

  • 17 Juli 2017
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan simulasi Computer Assited Test (CAT) dalam acara Job Fair di Un

Simulasi CAT ini merupakan road show Kementerian PANRB dalam rangka sosialisasi persiapan pengadaan test calon pegawai negeri sipil (CPNS).  “Kementerian PANRB akan terus mengadakan roadshow untuk simulasi CAT test CPNS. Hal ini mengingat masyarakat sangat antusias untuk mencoba simulasi CAT ini,” kata Kepala Bagian Komunikasi Publik, Suwardi seperti dikutip dari situs menpan.go.id

Dalam simulasi CAT, banyak mahasiswa yang mencoba mengikuti test, terhitung sampai siang hari sudah lebih dari 100 fresh graduate dan pencari kerja yang mencoba simulasi CAT. Mereka tertarik karena ingin mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pemerintah dalam tes kompetisi. “Masyarakat juga bisa mencoba simulasi CAT PNS ini melalui web menpan.go.id,” kata Suwardi.  Ia mengatakan, kampus Universitas Trisakti ini merupakan kampus swasta pertama yang diikut sertakan dalam simulasi. Tujuannya, agar tidak hanya kampus negeri saja yang dapat mencoba. "Mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai PNS tidak harus dari kampus-kampus negeri saja tetapi juga kampus swasta." kata Wardi.

Wakil Rektor II Universitas Trisakti Prof. Dr. Itjang D Gunawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keterlibatan Kementerian PANRB dalam acara Job Fair yang diselenggarakan Universitas Trisakti. "Secara rutin acara ini memang sudah ada tetapi untuk kementerian baru sekali ini, dan saya sangat mengapresiasi sekali sehingga kita bisa transparan," katanya.

Dia mengatakan, dengan adanya simulasi CAT ini membuat masyarakat, khususnya mahasiswa tidak perlu sulit mencari soal saat ingin tes CPNS. "Jadi peminatnya tidak usah repot-repot mencari soal-soal untuk tes CPNS. Harapannya, sebenarnya maunya mahasiswa berwiraswasta tapi ada sebagian ingin menjadi PNS dan itu terserah mahasiswanya, mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini tes membuat wawasan mereka terbuka," kata Itjang.

Selain Kementerian PANRB, ada sekitar 37 perusahaan yang ikut dalam acara Job Fair ini. Diantaranya yaitu PT BNI, PT Samsung Elektronik Indonesia, BCA, PT Trijaya Pratama Futures,  Education First (EF), PT Asuransi MSIG Indonesia, Bank Mandiri, PMElectric, PT PANARUB INDUSTRY, PT Bumi Cahaya Unggul, PT Metropolitan Bayutama, PPM School Of Management, Bank Danamon, Alfamart, SF Consulting, Bank Sinarmas, PT Indomarco Adi Prima, dan beberapa perusahaan swasta lainnya.

"Target kita sebanyak-banyaknya mahasiswa bisa bergabung dalam acara Job Fair ini, dan kemarin sudah ada 1300 peserta," kata Bachtiar, Ketua Panitia Job Fair. Salah satu pengunjung simulasi CAT di Kementerian PANRB, Romadona mengatakan, dengan adanya simulasi CAT ini bisa mengukur kemampuan diri. Dia juga yakin bahwa tes ini tidak akan ada kecurangan.

"Kita bisa melihat langsung skornya jadi yakin tidak ada kecurangan karena sistemnya online dan diberi waktu," kata alumni STTPLN ini.

Hal yang sama diungkapkan Pratiwi, alumni Universitas Nasional Fakultas Hubungan Internasional. Dia mengaku baru pertama kali mengikuti simulasi ini dan sangat ingin menjadi PNS. "Saya baru pertama kali mengikuti simulasi ini dan kebetulan saya juga memang ingin menjadi PNS karena ingin menerapkan ilmu yang saya dapat saat kuliah," katanya. (ns/HUMAS MENPANRB)

  • Sumber:
  • Penulis: CDC USAKTI