Jum'at, 30 September 2022

Sosialisasi Tracer Study dan Pengenalan CV ATS Pada Acara Pembekalan Lulusan Fakultas Lanskap dan Teknologi Lingkungan Usakti

  • CDC USAKTI
  • 29 September 2022

Demi menghasilkan lulusan yang siap bekerja, tentu diperlukan persiapan – persiapan yang matang agar dapat bersaing dengan pelamar kerja lainnya. Salah satu persiapan yang harus diperhatikan dengan baik yaitu Curriculum Vitae (CV). Berdasarkan survei 75% CV pelamar tidak pernah dilihat oleh rekruter namun saat terdapat software yang dapat mempermudahkan rekruter dan pelamar dalam proses rekrutmen yaitu CV ATS. Pada kesempatan kali ini Pusat Karir Universitas Trisakti mendapatkan kepercayaan dari Fakultas Lansekap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti untuk menyampaikan layanan CV berbasis sistem (CV ATS) sekaligus sosialisasi tracer study untuk para lulusan agar dapat bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan tracer study yang akan datang.

Acara Pembekalan Lulusan Fakultas Lanskap dan Teknologi Lingkungan Usakti dihadiri oleh Ibu Dr. Melati Ferianita Fachrul, M.S. selaku Dekan FALTL, Bapak Marselinus Nirwan Luru, S.T., M.Si selaku Wakli Dekan III, Kepala Sub Bagian Administrasi Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa dan Alumni yaitu Bapak Arizon, S.E. dan para pejabat/pengurus dilingkup FALTL. Pusat Karir Usakti sebagai tamu undangan dihadiri oleh Bapak Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A .,C.R.P selaku Kepala UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti, Agung Wahyudi, S.Kom selaku kasub unit III dan Maliyatul Istiqomah S.E selaku kasub unit I. Pusat Karir Usakti melibatkan mitra kerja yang sudah bekerja sama terkait CV ATS yaitu PT. Kinobi Technologies Indonesia yang dihadiri oleh Ibu Cynthia Veronica selaku pembicara pada acara ini.

Pembahasan pada acara ini yaitu pengenalan layanan Pusat Karir Universitas Trisakti serta sosialisasi mengenai tracer study yang disampaikan oleh Bapak Richy Wijaya kepada para mahasiswa dan para lulusan FALTL. Pembahasan utama pada acara ini yaitu mengenai CV ATS. Ibu Cynthia Veronica memaparkan materi mengenai mengenal CV ATS, perbedaan antara CV ATS dan non CV ATS, benefit ketika menggunakan CV yang berbasis sistem, cara menggunakan aplikasi CV ATS yang tersedia pada website Pusat Karir hasil kerjasama dengan Kinobi, kemudian mereview langsung tiga CV dari para peserta dan yang terakhir sesi tanya jawab.

Sosialisasi tracer study dan Pengenalan CV ATS Pada Acara Pembekalan Lulusan Fakultas Lanskap dan Teknologi Lingkungan Usakti dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 pukul 13.45 WIB yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Harapan dari acara ini untuk para lulusan agar dapat berkontribusi untuk mengisi kuesioner tracer study yang akan dikirimkan nantinya untuk kepentingan akreditasi. Kemudian dengan adanya pemaparan materi mengenai CV ATS diharapkan para mahasiswa dan lulusan dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Pusat Karir Usakti dan para lulusan dapat mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan.

Read More

Sosialisasi Program Pusat Karir Universitas Trisakti Bersama ORMAWA

  • CDC USAKTI
  • 29 September 2022

Kegiatan Sosialisasi Program UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti bersama ORMAWA  dihadiri oleh Kepala Biro BAMA USAKTI sekaligus perwakilan dari Wakil Rektor III yaitu Bapak  Andry Prima, ST., MT. kemudian Bapak Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A.. C.R.P. selaku Kepala UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti beserta jajarannya, Bapak - Ibu pimpinan Wakil Dekan III di lingkup Universitas Trisakti, perwakilan Presiden Mahasiswa, Parlemen, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan di lingkup Universitas Trisakti. 

Read More

Sosialisasi Tracer Study Pada Acara Pembekalan dan Pelepasan Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Usakti

  • CDC USAKTI
  • 27 September 2022

Tracer Study adalah studi penelusuran jejak lulusan/alumni yang dilakukan pada tahun kedua (tambah 1 tahun internsip untuk program profesi dokter/dokter gigi) setelah mahasiswa lulus. Dalam rangka mensosialisasikan Tracer Study kepada rekan-rekan lulusan pada acara “Pembekalan dan Pelepasan Lulusan Program Sarjana dan Magister Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan”, Pusat Karir Universitas Trisakti diberikan kesempatan untuk memberikan pembekalan untuk para lulusan agar dapat bekerjasama untuk mensukseskan Tracer Study 2023 dengan cara mengisi kuesioner yang dikirim oleh Tim Pusat Karir nantinya.


Sosialisasi Tracer Study ini dipaparkan langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Karir Universitas Trisakti Bapak Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A .,C.R.P yang menjelaskan bahwa UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti memiliki fungsi dan tujuan mengembangkan layanan khusus bagi dunia kerja dalam memperoleh informasi kompetensi setiap program studi dan menyelenggarakan rekrutmen calon pencari kerja sesuai kompetensi yang diperlukan dan melakukan kolaborasi dengan Alumni pada lingkup pengembangan karir calon lulusan untuk mendapatkan informasi lulusan /alumni. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti beserta jajarannya dan Pimpinan Progam Studi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta para lulusan semester genap 2021/2022.


Tracer study menjadi salah satu fungsi dan tujuan UPT. Pusat Karir Universitas Trisakti yaitu untuk Mendukung program penyusunan dan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan masukan dari alumni dan pengguna lulusan (tracer study). Kegiatan Tracer study menjadi hal penting bukan hanya untuk mengumpulkan informasi dari lulusan / alumni tetapi juga sangat berguna untuk perbaikan kurikulum, meningkatkan fasilitas dan juga tracer study ini menjadi syarat yang dibutuhkan untuk proses akreditasi universitas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 26 September 2022 secara luring di Auditorium Lt. 9 Gedung C FTSP Usakt yang dibagi menjadi 2 sesi. Melalui sosialisasi Tracer Study ini diharapkan rekan-rekan lulusan dapat berkerjasama untuk dapat mendaftar / membuat akun di tracerstudy.trisakti.ac.id dan selanjutnya dapat melengkapi kuesioner yang telah disyaratkan oleh Dikti dengan tepat dan lengkap, guna membantu mengembangkan program Pendidikan di jenjang universitas.

Read More

Penutupan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I 2022 & Pembukaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II 2022 di Pertamina

  • CDC USAKTI
  • 23 September 2022

Acara kali ini merupakan Penutupan untuk mahasiswa PMMB Batch I 2022 dan sekaligus menyambut mahasiswa yang akan bergabung di Pertamina sebagai peserta PMMB Batch II 2022 dengan memaparkan laporan pelaksanaan PMMB Batch Batch I 2022 & Batch II 2022 yang dilaksanakan melalui daring/online melalui platform Microsoft Teams pada tanggal 22 September 2022.

Acara Penutupan PMMB Batch I 2022 & Pembukaan PMMB Batch II 2022 kali ini dihadiri oleh:

  • Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Bapak Sofyan Rohidi
  • Bapak/ibu Rektor serta manajemen Universitas dan Perguruan Tinggi atau yang mewakili
  • Senior Vice President Human Capital Management PT Pertamina (Persero), Bapak Lelin Eprianto
  • Vice President Pertamina Corporate University PT Pertamina (Persero), Ibu Renny Andayani Dasuki.
  • Dan segenap Vice President serta tim manajemen di lingkungan Holding, Sub Holding maupun anak perusahaan Pertamina.
  • Peserta PMMB Pertamina Batch I/2022 dan Batch II/2022.  

Laporan pelaksanaan PMMB Batch Batch I 2022 & Batch II 2022 yang dipaparkan oleh Ibu Renny Andayani Dasuki menjelaskan bahwa PMMB merupakan program terobosan link and match antara dunia Pendidikan dan dunia industry yang digagas oleh kementrian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN serta mendukung kesiapan mahasiswa menjawab kebutuhan industri dan usaha.

Pelaksanaan PMMB di Pertamina telah memasuki tahun ke-4 dari tahun 2019 s.d. 2022. PMMB Batch II/2022 adalah PMMB ke-8 di Pertamina Grup. PMMB Batch I/2022 telah selesai dilaksanakan pada 16 September 2022 dan akan segera berlangsung PMMB Batch II/2022 mulai 22 September 2022 s.d. 21 Maret 2023 (Durasi 6 Bulan).

Sejak 2019 tercatat 1.520 mahasiswa yang menjadi peserta magang di Pertamina melalui jalur PMMB. Untuk peserta PMMB Batch Batch I 2022 terdapat total 376 mahasiswa dan peserta PMMB Batch II 2022 terdapat total 235 mahasiswa yang berasal dari 65 yang terbagi dari 22 Perguruan Tinggi Negeri dan 43 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Penerimaan Program Studi terbanyak dari:

  1. Akuntansi
  2. Teknik Industri
  3. Manajemen
  4. Teknik Perminyakan
  5. Desain Grafis
  6. Teknik Informatika
  7. Ilmu Hukum
  8. Teknik Geologi
  9. Teknik Sipil
  10. Sistem Informasi

Bapak Sofyan Rohidi (Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI)) menyambut dengan mengucapkan selamat bagi peserta PMMB Batch Batch I 2022 yang telah menyelesaikan program magang selama 6 bulan ini dan ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dikemudian hari dan sukses dalam menata karir kedepan, dan selamat datang bagi peserta PMMB Batch Batch II 2022.

Bapak Lelin Eprianto (Senior Vice President Human Capital Management PT Pertamina (Persero)) menambahkan terdapat beberapa poin untuk menjadi leaders di Pertamina Intergrated dengan teknologi dan adaptif.

Harapannya dari program ini Pertamina dapat menemukan rekan-rekan mahasiswa yang dapat membantu dan mendukung kegiatan operasional perusahaan dan juga memberikan kesempatan kepada rekan-rekan mahasiswa untuk dapat mempraktekan ilmu pengetahuan dan teori yang didapatkan selama masa perkuliahan serta dapat menambah pengalaman magang di Pertamina.

Arya Saputra R. salah satu peserta PMMB Batch I 2022 di Pertamina memberikan kesan dan pesan selama magang PMMB di Pertamina. Pengalaman magang ini walaupun  challenging karena membuat kita belajar mengelola waktu dengan baik untuk membagi waktu magang dan kuliah tetapi pengalaman magang di pertamina ini sangat berkesan bagi saya karena selama magang ini seluruh potensi dalam diri dapat tergali karena dalam kegiatan magang ini diberi kesempatan untuk mempelajari bidang baru diluar program studi yang di ambil di universitas dan juga saya ingin mngucapkan terimakasih kepada mentor saya yang telah membimbing saya selama PMMB Batch I 2022, dan saya berharap untuk teman-teman peserta PMMB Batch II 2022 untuk dapat memanfaatkan program magang ini sebaik mungkin.

Read More

Diskusi Bersama PT. Agung Sedayu Group

  • CDC USAKTI
  • 22 September 2022

Salah satu upaya untuk membangun SDM adalah menciptakan lapangan pekerjaan. Pembangunan SDM harus melihat bagaimana terjadinya link and match antara jumlah dan kualifikasi angkatan kerja dengan ketersediaan lapangan kerja. Pada agenda kali ini Pusat Karir Universitas Trisakti mendapat kunjungan oleh PT. Agung Sedaya Group untuk berdiskusi mengenai link and match antara industri pendidikan  dengan industri yang menyediakan lapangan pekerjaan. PT. Agung Sedayu Group adalah perusahaan pengembang properti terkemuka yang berpusat di Jakarta. Berdiri sejak 1971, kami mengkhususkan diri pada pengembangan properti sebagai solusi bisnis dan one-stop-living, dengan menyajikan kenyamanan yang ideal sekaligus kemudahan gaya hidup modern.

Pertemuan ini membahas kerjasama terkait program campus hiring, program magang, jobfair dan program pembekalan karir yang terdapat pada layanan Pusat Karir Universitas Trisakti. Dari pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Fadil, Bapak Rayen dan Ibu Nadia dari PT Agung Sedayu Group sedangkan dari Pusat Karir dihadiri oleh Richy Wijaya W, S.E., M.M., C.R.A., C.R.P selaku kepala Pusat Karir, Agung Wahyudi, S.Kom selaku kasub unit III, Maliyatul Istiqomah selaku kasub unit I, Windiana Libna selaku kasub unit II staf UPT. Pusat Karir.

Diskusi ini dilaksanakan secara langsung pada hari Rabu, 21 September 2022 pukul 13.30 WIB di Kampus Universitas Trisakti, Gedung M lantai 6. Harapan dari kegiatan diskusi ini agar mempertemukan kebutuhan antara pihak kampus dengan pihak perusahaan terkait progam – program peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan siap untuk bersaing di era yang penuh dengan tantangan serta perubahan yang begitu cepat.

Read More
Total: 136 Data