Penandatanganan Kerjasama Program Magang Bersertifikat Batch 2 Antara Universitas Trisakti dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

  • CDC USAKTI
  • 09 September 2019

Pada hari Kamis, 05 September 2019 telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN Batch 2 antara Universitas Trisakti dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Acara ini diselenggarakan di Menara Taspen PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang beralamat di Jl Jend Sudirman Kav 2 Jakarta Pusat 10220.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Henry Y.K Pangemanan selaku Kepala Divisi Pengelolaan dan Pengembangan SDM PT Permodalan Nasional Madani (Persero), serta beberapa perwakilan dari perguruan tinggi seperti UIN Jakarta, Uhamka, BSI dll dalam hal ini Universitas Trisakti diwakili oleh Ibu Susiyanti selaku Ka.sub.Unit Pemagangan dan penyiapan penempatan CDC Trisakti.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan pemberian kata sambutan oleh Kepala Divisi Pengelolaan dan Pengembangan SDM PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Bapak Henry Y.K Pangemanan yang menyampaikan tentang Company Profile dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dari Perguruan tinggi lalu penandatanganan MoU Kerjasama Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN Batch 2.

Adapun jumlah Mahasiswa magang yang diterima dari Universitas Trisakti berjumlah 2 orang yang berasal dari Program studi Hukum. Magang tersebut akan dimulai pada September 2019 hingga Februari 2020 (6 bulan).

Read More

Penerimaan dan Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat Antara Universitas Trisakti Dengan PT Adhi Karya (PERSERO) TBK.

  • CDC USAKTI
  • 09 September 2019

Pada hari Rabu, 04 September 2019 telah dilaksanakan rapat penerimaan dan pelepasan program magang mahasiswa bersertifikat (FHCI) Batch 2 antara Universitas Trisakti dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.  Acara ini diselenggarakan di Auditorium lt 3. Kantor Pusat PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Yang beralamat di Jl Raya Pasar Minggu KM 18. Jakarta Selatan 12510.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Sofyan Rohidi selaku Direktur Eksekutif FHCI, Bapak Agus Karianto selaku Direktur SDM PT Adhi Karya (Persero) Tbk, beberapa perwakilan dari perguruan tinggi seperti Universitas Pancasila, UIN Malang dll dalam hal ini Universitas Trisakti diwakili oleh Ibu Susiyanti selaku Ka.sub.Unit Pemagangan dan penyiapan penempatan CDC Trisakti serta peserta Magang Mahasiswa.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan pemberian kata sambutan oleh Direktur FHCI Bapak Sofyan Rohidi yang menyampaikan tentang era Industri 4.0 serta pentingnya Magang Mahasiswa bersertifikat ini baik untuk Mahasiswa, Perguruan tinggi maupun untuk perusahaan BUMN yang mana program ini bisa menjadi sumber rekrutmen untuk perusahaan. Kemudian selanjutnya sambutan disampaikan oleh Direktur SDM PT Adhi Karya (Persero) Tbk Bapak Agus Karianto yang menyampaikan mengenai Company Profile PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Acara selanjutnya adalah Kesan Pesan Mahasiswa Magang BUMN Batch 1 dari Universitas Gajah Mada saudari Yoppi. dan acara dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban dari General Manager SDM PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Adapun jumlah Mahasiswa magang yang diterima dari Universitas Trisakti berjumlah 6 orang yang berasal dari Program studi Teknik Sipil. Magang tersebut akan dimulai pada tanggal 09 September 2019 hingga Februari 2020 (6 bulan).

Diharapkan dengan adanya acara ini Peserta Magang Mahasiswa BUMN Batch 2 mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan yang akan dijalankan, dan mengetahui pengalaman dan kesan pesan dari peserta magang mahasiswa BUMN Batch 1 sebagai persiapan untuk magang. Selain itu menjadi bahan masukan dan motivasi untuk kurikulum setiap program studi di setiap perguruan tinggi, khususnya Universitas Trisakti.

Read More

Seminar Tracer Study dan Peranan Pusat Karir untuk Perkembangan Perguruan Tinggi

  • CDC USAKTI
  • 16 Agustus 2019

Memenuhi undangan Seminar dari Universitas Multimedia Nusantara pada tanggal 5 Juli 2019. Untuk menghadiri acara pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019 pukul 08.30 s.d selesai di Universitas Multimedia Nusantara Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang Banten. Dengan agenda Seminar Tracer Study dan Peranan Pusat Karir Untuk Perkembangan Perguruan Tinggi. 

Acara tersebut dihadiri oleh 86 Universitas dan beberapa institusi seperti Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kabinet Kerja Direktorat Keahasiswaan Kemenristekdikti ibu Tiomega Gultom, Kepala Pusat Karir Universitas Widyatama dan Koordinator Pusat Karir wilayah Jawa Barat Bapak Pipin Sukandi, dan Kepala Pusat Karir UMN (Universitas Multimedia Nusantara).

Rangkaian acara tersebut adalah pemberian kata sambutan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Universitas Multimedia Nusantara ibu Ika Yanuarti, S.E.,M.S.F., CSA dan Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Keb.Kerja Direktorat Keahasiswaan Kemenristekdikti ibu Tiomega Gultom  kemudian dilanjutkan dengan Seminar yang dipandu oleh Kasi Pengembangan Karir Direktorat Kemahasiswaan Kemenristekdikti ibu Eva Haslinda dan pemberian materi tentang pentingnya peranan Pusat Karir dan Tracer Study untuk Universitas yang diberikan oleh Kepala Pusat Karir Universitas Widyatama dan Koordinator Pusat Karir Wilayah Jawa Barat Bapak Pipin Sukandi.

Pada acara ini Perguruan Tinggi dihimbau untuk membentuk dan memfasilitasi Divisi Pusat Karir sebagai bentuk syarat penilaian terhadap akreditasi dari masing-masing Perguruan Tinggi yang diberikan oleh Kemenristekdikti serta pemberian kiat-kiat dan solusi dalam melakukan pembentukan dan pelaksanaan Tracer Study untuk masing-masing Perguruan Tinggi.

Program ini sangat positif karena program pusat karir bertujuan untuk menjembatani Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan diharapkan pusat karir bisa menjadi profit center apabila dapat dikelola dengan baik. Selain itu tracer study memiliki tantangan untuk mengajak alumni berperan penting bagi almamaternya.

Read More

Lauching Magang Bersertifikat BUMN Batch 1 (BUMN Goes To Campus) 2019

  • CDC USAKTI
  • 21 Maret 2019

Memenuhi undangan BUMN Goes to Campus surat dengan No. 136/FHCI/III/2019 pada tanggal 18 Maret 2019. Untuk menghadiri acara pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2019 pukul 09.00 s.d selesai di Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24, Khuripan, Tawang, Tasikmalaya. Dengan agenda penandatangan MoU kementrian BUMN dan Kemenristekdikti dan penyematan pin kepada calon peserta PMMB.

Acara tersebut dihadiri oleh Mentri BUMN Ibu Rini Mariani Soemarno Soewandi, Mentri pendidikan kemenristekdikti Bapak Prof. Dr. Mohamad Nasir, Ph.D.,Ak. , Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc.,Ph.D selaku dirjen dikti mendampingi bapak Mentri pendidikan kemenristekdikti, kepala Career Center Universitas Trisakti Bapak Ir. Bachtiar, Ibu Susi Yanti dan Staff dari pemagangan serta mahasiswa/i peserta magang.

Rangkaian acara tersebut adalah penandatangan MoU FHCI (Forum Human Capital Indonesia) dengan beberapa PTN/PTS di Jawa Barat. Penyematan pin kepada peserta magang dari 27 PTN/PTS salah satunya Universitas Trisakti. Perwakilan dari Univeritas Trisakti yaitu saudari Ida Ayu dari Fakultas Teknologi Industri  yang sedang magang di tahun 2019 pada PT. Pupuk Indonesia.

Pada acara ini perusahaan BUMN akan memberikan kesempatan kepada 9.000 mahasiswa untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) guna mengembangkan diri dan menjajal dunia kerja secara professional, sebagai bagian dari Kerja Nyata BUMN untuk Negeri yang diharapkan dapat menjadi langkah nyata link and match kurikulum PTN/PTS dengan kebutuhan industri yang telah lama diinisiasi. Adapun, waktu pelaksanaan PMMB minimal enam bulan dan programnya diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing- masing.

Program ini sangat positif karena mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang nyata di dunia industri, serta mahasiswa bisa mendapatkan sertifikat kompetensi serta sertifikat industri. Selain itu, lulusan PMMB juga memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN. Pada tahun 2019 BUMN menargetkan sebanyak 11.000 peserta magang dari 231 perguruan tinggi yang akan dilaksanakan dalam 2 batch, di mana pada batch-1 BUMN telah membuka 4.280 posisi di 113 BUMN.

Read More

Kerjasama Program Magang Bersertifikat Universitas Trisakti dengan Bank BTN

  • CDC USAKTI
  • 10 Agustus 2018

Pada hari Selasa, 07 Juli 2018 telah dilaksanakan  rapat program pelaksanaan magang bersertifikasi  (FHCI) antara Universitas Trisakti dengan Bank BTN. Acara ini diselenggarakan di gedung Menara BTN Lantai 9, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri oleh M. Takdir Munir selaku Kepala HRD, Melisa selaku Staff HRD, Dr. Lavlimatria Esya, SE, Msi selaku Ketua Program D3 Keuangan dan Perbankan Syariah, Susiyanti selaku Sub Unit Pemagangan dan Penyiapan Penempatan CDC Trisakti, dan Okviyani Pramitasari selaku Peserta Magang di CDC Trisakti.

Hasil rapat program magang bersertifikat diawali dengan in class training pada hari Senin, tanggal 13 Agustus 2018, pukul 08.00 s.d 16.30 WIB di Menara BTN Lantai 9. Namun, pelaksanaan magang bersertifikat dimulai pada hari Selasa, tanggal 14 Agustus-15 Februari 2019, pukul 07.30 s.d 16.30 WIB. Adapun peserta magang yang terdaftar di Bank BTN sebanyak 3 mahasiswa, diantaranya 1 mahasiswa Program Studi Perpajakan, dan 2 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Dengan adanya program magang bersertifikat ini yang diadakan oleh Kementerian BUMN menjadi bahan masukan dan motivasi untuk kurikulum setiap prodi di setiap perguruan tinggi, khususnya Universitas Trisakti.

Read More
Total: 11 Data